--> Cara Install Internet Information Services (IIS) 8 di Windows 8 | danzone-4u

Tuesday 10 October 2017

Cara Install Internet Information Services (IIS) 8 di Windows 8

| Tuesday 10 October 2017
Halo sahabat danzone-4u, mohon maaf sebelumnya jika saya baru bisa menulis kembali di blog tercinta ini. :D . Pada kesempatan ini saya akan berbagi tutorial tentang cara install Internet Information Services (IIS) 8 di sistem operasi (OS) Windows 8.
Untuk Ide tutorial ini sendiri berawal dari request salah satu client saya. Di mana Ia menginkan agar aplikasi yang saya buat dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database SQL Server dapat berjalan di web server ini. Oh ya, tapi untuk OS yang digunakan di server client saya bukan OS Windows 8 lho, tetapi gak beda jauh ko' cara instalasinya. Ok saya rasa cukup pendahuluannya ya. Lanjutttt...

Apa Itu Internet Information Services (IIS)?


Intenet Information Services atau biasa disebut IIS saja merupakan sebuah web server, yang mana digunakan dalam sistem operasi (OS) Windows. IIS berfungsi sebagai pendukung protocol TCP/IP yang berjalan dalam lapisan aplikasi jaringan komputer dan menjadi dasar dari platform internet dan intranet Microsoft.
Saat postingan ini ditulis versi terakhir dari IIS ialah versi 8.5, yang mana versi ini untuk Windows Server 2012 R2. Di bawah ini adalah sekilas perkembangan IIS.
  • IIS 1.0 untuk Windows NT 3.51
  • IIS 2.0 untuk Windows NT 4.0
  • IIS 3.0 untuk Windows NT 4.0 Service Pack 3
  • IIS 4.0 untuk Windows NT 4.0 Option Pack
  • IIS 5.0 untuk Windows 2000 (Profesional dan Server)
  • IIS 5.1 untuk Windows XP Profesional dan Windows XP Media Center Edition
  • IIS 6.0 untuk Windows Server 2003 dan Windows XP Profesional x64 Edition
  • IIS 7.0 untuk Windows Server 2008 dan Windows Vista (Edisi Business, Edisi Enterprise, dan Ultimate)
  • IIS 7.5 untuk Windows Server 2008 R2 (Beta) dan Windows 7 (Beta)
  • IIS 8.0 untuk Windows Server 2012 dan Windows 8
  • IIS 8.5 untuk Windows Server 2012 R2

Cara Install Internet Information Services (IIS) 8 di Windows 8


Jika Anda sudah mengetahui sekilas perkembangan IIS, selanjutnya adalah mengetahui cara meng-install IIS di windows 8. Silahkan simak langkah-langkah berikut ini.
  1. Pertama-tama buka Control Panel, dengan cara menekan tombol kombinasi Windows dan F (Windows + F). Kemudian pilih Apps, cari dan klik Control Panel.
  2. Pilih Programs and Features.
  3. Pilih Turn Windows features on or off yang terletak di sebelah kiri jendela (window).
  4. Nanti akan muncul Windows Features dialog box.
  5. Expand dan centang pilihan Internet Information Services. Secara default kita memilih semua sub komponen yang berada di Internet Information Services ini, yang mana diperlukan untuk host web.
  6. Klik tombol OK. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

Untuk mengecek instalasi yang kita lakukan di atas berhasil atau tidak, silahkan buka browser di PC Anda dan pada address bar browser, silahkan ketikan http://localhost. Lihat tampilan di browser Anda, apakah seperti gambar di bawah ini? Jika ya, instalasi yang Anda lakukan berhasil.
cara install internet information services (iis) 8 di windows 8
Itulah cara meng-install IIS 8 di Windows 8 yang dapat saya sampaikan. Jika tutorial ini bermanfaat untuk Anda jangan lupa bantu share ya. Terimakasih.

Related Posts

No comments:

Post a Comment